mengalami rpm database panic


saat saya mengaupdate online linux opensuse saya tiba-tiba connections saya mati maklum tempat online saya yang gratisan jadi berisoko AP mati, pasti teman -teman dekat saaya udah tau kenapa coneccetions saya sering mati!!!! tapi enda usah dibahas kenapa connections saya mati,yang dibahas disini pesan error yang muncul ketika saya mau mengulangi  lagi untuk mengupdate opensuse saya .Pesan errornya  kayak dibawah ini:

rpmdb: PANIC: fatal region error detected; run recovery
error: db4 error(-30977) from dbenv->close: DB_RUNRECOVERY: Fatal error, run database recovery
Abort, retry, ignore? [a/r/i] (a): a
Problem occured during or after installation or removal of packages:
Installation aborted by user
Please see the above error message for a hint.

Karna  enggak tahu cara nanganin. Yach saya langsung tanya om google maklum masih newbie 😀 ,akhirnya  juga cara nyelesaiannya yaitu:

pertama masuk ke terminal atau langsung aja alt+F2

kedua  jalankan semua perintah dibawah ini:
aprhy@linux-pfyo:~> su
Password:
aprhy@linux-pfyo:~> rm -f /var/lib/rpm/__db*
aprhy@linux-pfyo:~>db_verify /var/lib/rpm/Packages
aprhy@linux-pfyo:~> rpm –rebuilddb

semoga yang saya alami tidak ,menimpa teman-teman sekalian😀

One thought on “mengalami rpm database panic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s